http://ibnufajar75.files.wordpress.com/2013/02/implementasi-kurikulum-2013.jpgPelatihan Implementasi Kurikulum 2013 telah selesai dilaksanakan, pemahaman masing-masing instruktur nasional, guru inti,kepala sekolah dan guru sasaran tidak semuanya sama. Beberapa persepsi yang berbeda mengalir di sekolah masing-masing. Kondisi ini sedikit banyak menimbulkan beberapa pertanyaan yang tidak bertepi dan dapat menjadi resistansi berkelanjutan terhadap implementasi Kurikulum 2013. Dalam kesempatan ini saya mencoba membuat resume atas beberapa pertanyaan yang berkembang selama ini, dimana saya mulai dengan memberikan gambaran konsep inti 

Kurikulum 2013 diantaranya :

    • Bahwa Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi
    • Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa”.
    • Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”.
    • Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.”
    • Dimana hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
    Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, (Observing) menanya (Questioning), menalar (Associating) , mencoba (Experimenting) membentuk jejaring (Networking) untuk semua mata pelajaran.
    Dengan demikian Implementasi Kurikulum 2013 disekolah SMA/SMK yang benar-benar murni menggunakan Kurikulum 2013 hanya 3 Mata Pelajaran yaitu Matematika, Sejarah Indonesia dan Bahasa Indonesia. Selain ke 3 Mata Pelajaran tersebut sekolah MASIH TETAP menggunakan KTSP namun dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dan Integrasi Ke-3 Ranah..
    Jadi yang perlu serius digarap oleh sekolah sekarang ini baik yang menjadi sekolah sasaran atau tidak, adalah mengubah paradigm guru untuk mengadopsi model pembelajaran menuju kearah penguatan sikap, ketrapilan dan pengetahuan yang terintegrasi dengan Scientific Approach terhadap mata pelajaran masing.-masing dengan mulai melakukan perubahan pada Silabus dan RPP yang ada di KTSP serta mengimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.
    Khusus untuk SMK, salah satu acuan baku yang bisa dipakai pegangan dalam Implementasi Kurikulum 2013 adalah Permendikbud 70/2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MA Kejuruan. Pada Permen ini tertuang mata pelajaran dari Kelompok A, B dan C (C1). Masalah mulai timbul, karena beberapa sekolah sudah harus menyusul Jadwal Pelajaran 1 Tahun, sedangkan Kelomok C2 dan C3 belum ada tertulis matapelajaran apa yang harus diajarkan. Untuk diketahui Kelompok C (Peminatan) berisi C1 (Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian), C2 (Kelompok Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian) dan C3 (Kelompok Mata Pelajaran Paket Keahlian). Khusus Kelompok C2 dan C3 akan ditetapkan oleh Direjn Pendidikan Menengah.
    Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk menjadi solusi dalam menyikapi belum keluarnya ketetapan untuk C2 dan C3, dari hasil diklat Implementasi Kurikulum 2013, beberapa inovasi diberikan oleh narasumber diantaranya, pertama sepanjang C2 dan C3 belum ditetapkan maka sekolah dapat mengisinya dengan menggunakan matapelajaran produktif dari KTSP, dan yang kedua adalah memberikan draft struktur yang memang belum ditetapkan untuk dapat digunakan sebagai acuan penyusunan. Kedua solusi itu bagus untuk mempercepat penyusunan jadwal namun mubasir dan melelahkan (terutama perdebatan yang timbul saat penyusunan di tingkat sekolah). Contohnya untuk solusi kedua, dimana dinamikan yang timbul dari penentuan C2, sekarang ini telah ada penambahan mata pelajaran Simulasi Digital 3 jam/minggu untuk klas X, sehingga draft yang ada juga tidak bisa digunakan secara pasti sebelum ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Menengah.
    Alternatif yang terbaik adalah menuggu ketetapan yang akan dikeluarkan, karena proses penyusunan sampai dengan silabus telah dilaksanakan di P4TK dan sekarang ini tinggal finalisasi di Direktorat PSMK. Sedangkan untuk menyiasati penyusunan jadwal, maka C3 tidak perlu dibuat dulu, karena matapelajaran ini akan diajarkan Kelas XI, sedangkan C2 dari 48 Jam yang diamanatkan, 30 jam telah ada ditetapkan mapelnya sesuai dengan Pemendikbud 70/2013, tinggal 18 jam yang belum, dimana dengan menggunakan sistem blok 18 jam ini mungkin bisa diletakan di semester genap (semester 2). Untuk materi selain 3 mapel (bahasa indonesia, sejarah indonesia dan metematika), materinya belum disusun dan ditetapkan oleh kemendikbud, maka materi masih menggunakan KTSP dengan perubahan paradigma pada model pembelajarannya yaitu Integrasi 3 ranah dan Scientific Approach.
    Berikut Power Point Untuk Pendalaman Immplentasi Kurikulum 2013

    No. Kelompok Mata Pelajaran Materi Unduh
    1. Umum Umum Perubahan Mindeset ( Rhenald Kasali) Unduh
    2. Umum Umum Perubahan Minset Unduh
    3. Umum Umum Rasional Kurikulum 2013 Unduh
    4. Umum Umum  Elemen Perubahan Kurikulum 2013 Unduh
    5. Umum Umum SKL KI-KD Unduh
    6. Umum Umum Strategi Implementasi Kurikulum Unduh
    7. Umum Umum Konsep Pendekatan Scientific Unduh
    8. Umum Umum Project Base Learning Unduh
    9. Umum Umum Problem Base Learning Unduh
    10. Umum Umum Discovery Learning Unduh
    11. Umum Umum Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan Hasi Unduh
    12. Umum Umum Anaslisi Buku Guru dan Siswa Mapel Unduh
    13. Umum Umum Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik Unduh
    14. Umum Umum Rambu Rambu Penyusunan RPP Unduh
    15. Umum Umum Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik Unduh
    16. Umum Umum Panduan Tugas Telaah RPP Unduh
    17. Umum Umum Panduan Tugas Analisis Rancangan Penilaian Unduh
    18. Umum Umum Strategi Pengamatan Tayangan Video Unduh
    19. Umum Umum Praktik Pembelajaran malalui peer Teaching Unduh
    20. SD Tematik Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu Unduh
    21. SD Tematik Implementasi Tematik Terpadu Unduh
    22. SD Tematik Contoh Implmentasi Pendekatan Scientific Unduh
    23. SD Tematik Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik Unduh
    24. SD Tematik Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik Unduh
    25. SMP Bahasa Indonesia Contoh Pendekatan Scientific Bahasa Indonesia Unduh
    26. SMP Bahasa Indonesia Contoh Penilaian Autentik Bahasa Indonesia Unduh
    27. SMP Bahasa Indonesia Konsep Pendekatan Scientific Unduh
    28. SMP Bahasa Inggris Konsep Pendekatan Scientific Unduh
    29. SMP Bahasa Inggris Konsep Penerapan Scientific Unduh
    30. SMP Bahasa Inggris Konsep Penilaian Autentik Unduh
    31. SMP Bahasa Inggris Contoh Penerapan Unduh
    32. SMP IPA Konsep Pembelajaran IPA Terpadu Unduh
    33. SMP IPA Peneapan Pendekatan Scientific Unduh
    34. SMP IPA Conoth Penerapan Penilaian Autentik Unduh
    35. SMP IPS Konsep IPS Terpadu Unduh
    36. SMP IPS Contoh Pendekatan Scientific Unduh
    37. SMP IPS Contoh Penilaian Autentik Unduh
    38. SMP Penjasorkes Contoh Pendekatan Scientific Unduh
    39. SMP Penjasorkes Contoh Penilaian Terpadu Unduh
    40. SMP PPKN Contoh Penilaian Autentik Unduh
    41. SMP PPKN Contoh Pendekatan Scientific Unduh
    42. SMP Prakarya Contoh Penilaian Autentik Unduh
    43. SMP Prakarya Contoh Pendekatan Scientific Unduh
    44. SMP Seni Budaya Contoh Penilaian Autentik Unduh
    45. SMP Seni Budaya Contoh Pendekatan Scientific Unduh
    46. SMA Bahasa Indonesia Contoh Penilaian Autentik Unduh
    47. SMA Bahasa Indonesia Contoh Pendekatan Scientific Unduh
    48. SMA Matematika Contoh Penilaian Autentik Unduh
    49. SMA Matematika Contoh Pendekatan Scientific Unduh
    50. SMA Sejarah Contoh Penilaian Autentik Unduh
    51. SMA Sejarah Contoh Pendekatan Scientific Unduh
    Sumber: http://widyaprima.psmk.net/html/index.php?id=artikel&kode=6

    0 komentar

    Mailing List
    Please join our mailing list.

    Name*
    Email*
    Website
    Paragraph
    Image Verification
    captcha
    Please enter the text from the image:
    [Refresh Image][What's This?]